Selasa, 11 Maret 2014

Sharing : Pemasangan PLN secara online

Saya ingin sharing tentang pemasangan PLN secara online. waktu itu bulan Oktober saya dan istri saya sepakat unntuk pasang listrik sendiri. Hal itu kami lakukan mengingat setiap kali menyetrika selalu mati lampu karena beban listrik terlalu berat. Saat itu listrik kami masih jadi satu dengan orang tua. Jadi beban semakin berat.
Setelah kami putuskan memasang sendiri saya segera  mencari tahu biaya yang kiranya akan digunakan. Ternyata saya hitung dengan 900Vlt saya perlu membayar 700rb an sudah termasuk alat listrik dan meterannya. Setelah itu saya segera online untuk mendaftar. Jika anda juga berminat maka anda perlu mendatar terlebih dulu. Jika anda sudah mendaftar, anda bisa mendaftar sebagai pelanggan pasang baru. Setelah saya isi, maka saya mendapat tagihan yang perlu dibayar. Maka saya segera ke Kantor PLN pusat. Disana saya menuju ke pembayaran. Setelah saya bayar saya pun kembali dengan harapan yang tinggi.

Setelah berapa minggu ternyata belum juga ada kabar. Saya pun segera melihat status pemasangan baru di web PLN ternyata dipending. Saya tidak tahu sama sekali kenapa di pending. Saya pun telpon call center PLN kota saya. Saat saya telpon saya ditanggapi dengan baik. Akhirnya beberapa hari kemudian ada yang SMS saya yang isinya menanyakan alamat. Ok, segera saya kirim alamat saya dan orang dari PLN pun datang. Setelah petugas datang, petugas ternyat memberitahu bahwa pengisian online saya salah karena wilayahnya tidak sesuai. Rumah saya termasuk Bantul sedangkan kemarin saya mengisi Kota Jogja. Jadi tidak sesuai,hal itu yang membuat pelayanan tertunda.
Kemudian saya bertanya tentang pemasangan, ternyata masih perlu biaya lagi, dikatakan bahwa biaya 600 ribu untuk ijin,pemasangan dan instalasi. Mau tidak mau saya harus membayar lagi.
Setelah itu hari berikutnya akhirnya mulai dipasang. Tapi meteran belum terpasang. Karena waktunya yang terbatas para petugas menunda besok. Usut punya usut ternyata meteran dari PLN belum turun. Akhirnya tertundalah pemasangan listrik. Hampir 3 bln saya mencoba telpon call center dan mencari solusi. Ternyata petugas yang kemarin bukanlah asli PLN. Mereka adalah rekanan independen yang mempunyai jasa instalasi listrik. Saya sedikit shok karena saya tidak tahu sama sekali. Coba dipikir, saya laporan ke call center PLN tapi merek bisa menghubungi.
Pada prosesnya akhirnya ada petugas PLN lain yang datang dan mensurvey tempat saya. Petugas baru mengatakan bahwa petugas yang kemarin adalah bukan dari PLN . Kemudian sang petugas menawarkan instalasi oleh petugas dari PLN itu sendiri dengan biaya 1 jutaan. Dengan tenang saya sampaikan kalau dana saya sudah mepet. Saya juga sudah sampaikan sudah membayar petugas sebelumnya.

Beberapa minggu kemudian survey sebagai syarat pemasangan sudah ada. Maka saya hubungi petugas yang dahulu hendak instalasi. Akhirnya setelah menunggu petugas yang pertama bisa menepati janjinya untuk memasang listrik. Proses pemasangan listrikpun menjadi 3 bulan. Padahal jika saya bertanya sepertinya cuma butuh waktu 1 minggu. Dan dana yang juga ternyata lebih mahal yang di tawarkan PLN. Walaupun mungkin dari PLN lebih rapi pengerjaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar